Kamis, 13 Oktober 2011

taksonomi bloom revisi










Silabus IPA SMP


 
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                     : SMP
Kelas                                                   : VII
Semester                                           : 1(satu)
Mata  Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi                 : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
·      Kecerdasan

Besaran dan satuan
-       Besaran pokok
-       Besaran turunan
-       Satuan
-       Pengukuran
-       Melakukan kajian pustaka untuk mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan.









-        Melakukan kajian pustaka untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu secara mendalam.






-       Mendeskripsikan besaran fisis dari hasil analisis secara cepat dan tepat.  
-       Mendeskripsikan satuan dalam pengukuran yang berlaku secara internasional. berdasarkan hasil analisis secara cepat dan tepat.

-       Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu berdasarkan hasil analisis secara cepat dan tepat

·    Tes Tertulis




·    Tes Tertulis








·    Tes Tertulis




·    Tes isian (Uraian)



·    Tes isian (Uraian)







·    Tes  isian
(Uraian)



·    LP 1.1: uraian (1)



·    LP 1.1: uraian (2)







·    LP 1.1: uraian (3)

4 x 40’
Buku teks yang relevan *)

Internet *)
1.2.  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
·      Kejujuran
·      Ketelitian dan kecermatan
Suhu dan pengukuran
-       Pengertian suhu
-       Alat ukur suhu
-       Pengukuran suhu
-       Konversi skala termometer
-       Melakukan percobaan memasukkan tangan berturut-turut ke dalam air es, air dan air hangat.

-       Melakukan percobaan mengukur suhu menggunakan termometer.


-       Melakukan konversi skala Celcius ke skala termometer lainnya.














-       Menjelaskan pengertian suhu berdasarkan kesimpulan hasil  analisis data percobaan.


-       Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat secara hati-hati, seksama  dan teliti.

-       Mengkonversi skala termometer Celcsius ke skala termometer yang lain secara seksama  dan teliti.
·    Tes Tertulis







·    Tes kinerja






·    Tes Tertulis
·    Uraian







·    Tes uji petik kerja





·    Tes isian (Uraian)
·   LP 1.2: uraian (1)






·   LP 1.2 uji pertik kerja (1)




·   LP 1.2: uraian (2)




6 x 40 menit
Buku teks yang relevan *)

Internet *)

1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

·      Ketelitian dan kecermatan
·      Kedemokratisan
Pengukuran panjang
-    Menggunakan penggaris
-   Menggunakan jangka sorong
Pengukuran Massa

·       Memperhatikan demonstrasi guru melakukan pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.

·       Melakukan percobaan pengukuran panjang dan massa











·       Diskusi untuk menyusun laporan hasil pengukuran dan mempresentasikan hasilnya





·      Menjelaskan langkah-langkah  pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.


·      Mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama  dan teliti.

·      Mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama  dan teliti.

·      Menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.


·      Mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

·       Tes tertulis






·       Tes kinerja






·       Tes kinerja





·       Tes kinerja
.








·       Observasi

·  Uraian







·       Tes uji petik kerja





·       Tes uji petik kerja




·       Tes uji petik kerja








·    Lembar observasi
·     LP 1.3: uraian (1, 2)





·     LP 1.3: uji petik kerja (1)





·     LP 1.3: uji petik kerja (2)




·  LP 1.3: uji petik kerja (3)








·   LO 1.3: Lembar Observasi (1)
2 x 40 menit
Buku teks yang relevan *)

Internet *)


*) Keterangan :
Tuliskan sumber belajar di atas tanda tangan guru dan kepala sekolah secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut:
1.     Buku teks: Penulis. Tahun. Judul Buku. Kota Penerbitan: Penerbit. Halaman.
2.     Artikel: Penulis. “Judul Artikel”. Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun.
3.     Berita: Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun. “Judul Berita”.
4.     Nara sumber: Nama Tokoh. Keterangan Tokoh.
5.     Peraturan: Undang-undang Nomor…Tahun…tentang….
6.     Internet: Alamat web. “Judul Tulisan”. Tanggal diunduh.
7.     Lingkungan: Nama dan lokasi
8.     dll

…………………, ……………………………….
                                                                Kepala Sekolah                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran
                                                               
               



                                                                ……………………………………………………                                                                                                                ……………………………………………………
                                                                NIP.                                                                                                                        


SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                     : SMP
Kelas                                                   : VII
Semester                                           : 1(satu)
Mata  Pelajaran                            : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi                 : 2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat.


















·      Kejujuran
Asam dan Basa
-       Sifat asam, basa, dan garam
-       Skala keasaman dan kebasaan















Derajat keasaman dan kebasaan

-       Mendiskusikan konsep dan sifat asam, basa, dan garam suatu larutan

-       Melakukan percobaan untuk menentukan sifat asam, basa, dan garam.



-       Mengeksplorasi bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garam di lingkungan sekitar.

-       Melakukan percobaan sederhana untuk menentukan derajat keasaman dan kebasaan.

-     Menjelaskan sifat asam, basa, dan garam suatu larutan


-     Mengelompokkan sifat asam, basa, dan garam dengan
menggunakan indikator yang sesuai, berdasarkan hasil analisis data percobaaan.

-     Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar
yang bersifat asam, basa, dan netral.

-     Menentukan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan berdasarkan hasil analisis data percobaaan
·  Tes tertulis




·  Tes kinerja








· Observasi.





·       Tes kinerja

·  Uraian




·Tes uji petik kerja







·  Lembar  observasi


                

·       Tes uji petik kerja

·     LP 2.1: Uraian (1)



·     LP 2.1: uji petik kerja (1)






·     LP 2.1: Lembar observasi (1)


·    LP 2.1: uji petik kerja (2)
2 x 40 menit
BSE    Kelas VII

Internet

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
·      Kejujuran
Indikator alami untuk menguji sifat asam, basa, dan garam

-       Melakukan percobaan dengan menggunakan indikator alami.




-     Mengelompokkan zat yang bersifat asam dan basa berdasarkan hasil analisis data percobaaan
·       Tes tertulis

·  Uraian
·     LP 2.2: uraian (1)
1 x 40 menit

2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
·      Ketangguhan
Unsur
-     Lambang unsur
-     Rumus kimia sederhana

-       Mendiskusikan konsep unsur dan rumus kimia sederhana dengan.

-     Menjelaskan nama unsur secara yakin dengan pendapatnya


-     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur secara yakin dengan pendapatnya

-     Menjelaskan rumus kimia sederhana.
·       Tes kinerja



·       Tes kinerja



·       Tes kinerja

·       Tes uji petik kerja


·       Tes uji petik kerja


·       Tes uji petik kerja

·     LP 2.3: Tes uji petik kerja (1)

·     LP 2.3: Tes uji petik kerja (2)

·     LP 2.3: Tes uji petik kerja (3)

1 x 40 menit

2.4 Membanding kan sifat unsur, senyawa, dan campuran
·      Ketangguhan
Senyawa
Campuran
-     Homogen
-     Heterogen (koloid dan suspensi)

-       Mendiskusikan cara penulisan senyawa.







-       Melakukan percobaan untuk menentukan campuran homogen dan heterogen
-     Menjelaskan nama senyawa.



-     Membedakan antara senyawa dengan campuran.

-     Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran melalui pengulangan pengamatan untuk mendapatkan data yang akurat.
·       Tes kinerja



·       Tes Tertulis


·       Tes kinerja
·     Tes uji petik kerja



·  Uraian



·  Tes uji petik kerja
·     LP 2.4: Tes uji petik kerja (1)

·   LP 2.4 : uraian (1)


·     LP 2.4: Tes uji petik kerja (2)
1 x 40 menit


*) Keterangan :
Tuliskan sumber belajar di atas tanda tangan guru dan kepala sekolah secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut:
1.     Buku teks: Penulis. Tahun. Judul Buku. Kota Penerbitan: Penerbit. Halaman.
2.     Artikel: Penulis. “Judul Artikel”. Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun.
3.     Berita: Nama Media. Tanggal, Bulan, Tahun. “Judul Berita”.
4.     Nara sumber: Nama Tokoh. Keterangan Tokoh.
5.     Peraturan: Undang-undang Nomor…Tahun…tentang….
6.     Internet: Alamat web. “Judul Tulisan”. Tanggal diunduh.
7.     Lingkungan: Nama dan lokasi
8.     dll
.

…………………, ……………………………….
                                                                Kepala Sekolah                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran
                                                               
               

                                                                ……………………………………………………                                                                                                                ……………………………………………………
                                                                NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
: SMP
: I P A
: VII/1 (satu)



Waktu
: 2 x 40 menit (1 pertemuan)




A.
Standar Kompetensi

1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.


B.
Kompetensi Dasar

1.3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.





C.
TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Melalui demonstrasi yang dilakukan guru, peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.
2.    Melalui percobaan pengukuran, peserta didik dapat  mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama  dan teliti.
3.    Melalui percobaan pengukuran, peserta didik dapat  mengukur massa dengan mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama  dan teliti.
4.    Melalui diskusi peserta didik dapat menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
5.    Melalui diskusi peserta didik dapat mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.



D.
MATERI AJAR

Pengukuran panjang
-   Menggunakan penggaris
-   Menggunakan jangka sorong
Pengukuran Massa


E.
METODE PEMBELAJARAN

Model         : Pembelajaran Langsung (DI)
Metode       : percobaan, diskusi


F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. KEGIATAN PENDAHULUAN (8 menit)
a.  Berdoa
b.  Apersepsi:
Peserta didik diingatkan konsep tentang besaran dan satuan
c.   Motivasi:
Tentu kamu pernah melihat mur-baut, agar mur-baut dapat terpasang secara tepat, dalam pembuatannya diperlukan pengukuran dengan teliti. Tahukah kamu alat ukur untuk mengukur mur-baut? Dan bagaimana cara mengukur kedalaman botol?
d.  Menyampaikan tujuan/kompetensi yang akan dicapai serta cakupan materi yang akan dipelajari
2. KEGIATAN INTI (65 menit)
a.      Demonstrasi pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong (dapat dilakukan peserta didik atau guru), dengan menyajikan informasi tahap demi tahap.
b.      Peserta didik melakukan percobaan pengukuran mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama  dan teliti.
c.      Peserta didik melakukan percobaan pengukuran mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama  dan teliti.
d.      Guru memberi bimbingan pelatihan pada masing-masing kelompok.
e.      Peserta didik melakukan diskusi untuk menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
f.       Peserta didik mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
g.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan pengukuran yang relevan dengan jangka sorong terhadap benda-benda di sekitarnya  dalam kehidupan sehari – hari.

3. KEGIATAN PENUTUP (8 menit)
a.    Peserta didik dibimbing guru menyimpulkan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan penggaris dan jangka sorong serta langkah-langkah melakukan pengukuran panjang dan massa.
b.    Guru memberi penghargaan pada peserta didik yang berperan aktif dalam kegiatan percobaan, diskusi dan presentasi.
c.    Guru menginformasikan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang, yaitu sifat asam, basa dan garam





G.
SUMBER BELAJAR

1. Buku Siswa (BSE Kelas VII)
2. Internet





H.
PENILAIAN

1. Teknik
:
Tes Tertulis, Tes Unjuk Kerja dan Observasi

2. Bentuk
:
Uraian, Tes Uji Petik kerja dan Lembar Observasi

3. Kisi-kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut.

No
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
Menjelaskan langkah-langkah  pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong

Tes tertulis

Uraian

LP 1.3: uraian (1 dan 2)
2
Mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama  dan teliti.
Tes kinerja
Tes uji petik kerja
LP 1.3: uji petik kerja (1)
3
Mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama  dan teliti.

Tes kinerja


Tes uji petik kerja

LP 1.3: uji petik kerja (2)
4
Menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.

Tes kinerja


Tes uji petik kerja

LP 1.3: uji petik kerja (3)
5
Mempresentasikan laporan dengan memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya

Observasi


Lembar Observasi

LO 1.3: Lembar Observasi (1)










                                                                        ……………….., ………………
Mengetahui Kepala Sekolah                       Guru Mata Pelajaran






……………………………                            ……………………………
NIP                                                                  NIP




INSTRUMEN


LP 1.3: uraian (1) dan (2)
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Jelaskan langkah-langkah mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan jangka sorong!
  2. Sebutkan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan meteran/penggaris dan jangka sorong!

KUNCI JAWABAN
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Langkah-langkah mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan jangka sorong:
-      Menempatkan benda yang akan diukur pada rahang yang sesuai
-      Menggeser nonius dengan hati-hati
-      Membaca skala utama pada jangka sorong
-      Membaca skala nonius pada jangka sorong
-      Membaca nilai panjang dengan satuan yang benar
-      Mengembalikan posisi nonius dalam keadaan rapat
-      Menentukan kesalahan pengukuran
7
2
Tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan:
a.   Penggaris
Penggaris/Mistar mempunyai tingkat ketelitian 1 mm atau 0,1 cm
b.   Jangka sorong
Tingkat ketelitian jangka sorong adalah sebesar 0,1 mm.
3
Jumlah skor
10

Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100






LP 1.3: uji petik kerja (1)
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik “Mengukur panjang dengan menggunakan jangka sorong secara hati-hati, seksama  dan teliti.”.
Tuliskan :        skor 1, apabila dilakukan
                        skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
                        BT  = belum terlihat
                        MT = mulai terlihat
                        MK = mulai berkembang
                        MB = mulai membudaya
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
Karakter yang dikembangkan *)
1
Memasang benda yang akan diukur pada jangka sorong dengan tepat



2
Menggeser posisi nonius secara hati-hati, seksama  dan teliti.



3
Membaca skala utama pada jangka sorong secara seksama  dan teliti.



4
Membaca skala nonius pada jangka sorong secara seksama  dan teliti.



5
Membaca nilai panjang dengan satuan yang benar



6
Mengembalikan posisi nonius dalam keadaan rapat secara hati-hati, seksama  dan teliti.



7
Menentukan kesalahan pengukuran



Jumlah skor




Kriteria penskoran
Dilakukan                   Skor 1
Tidak dilakukan         Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100











LP 1.3: uji petik kerja (2)
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik “Mengukur massa dengan menggunakan neraca secara hati-hati, seksama  dan teliti.”.
Tuliskan :        skor 1, apabila dilakukan
                        skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
                        BT  = belum terlihat
                        MT = mulai terlihat
                        MK = mulai berkembang
                        MB = mulai membudaya
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
Karakter yang dikembangkan *)
1
Menera neraca (mengatur agar jarum penunjuk menunjukkan skala nol) secara hati-hati, seksama  dan teliti



2
Meletakkan benda yang akan diukur ditempatnya secara hati-hati.



3
Melakukan pengukuran secara hati-hati, seksama  dan teliti



4
Membaca pengukuran secara hati-hati, seksama  dan teliti



5
Mengembalikan posisi lengan dalam keadaan seimbang secara hati-hati, seksama  dan teliti



Jumlah skor




Kriteria penskoran
Dilakukan                   Skor 1
Tidak dilakukan         Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100





LP 1.3: uji petik kerja (3)
Lembar tes unjuk kerja dalam diskusi kelompok untuk menilai karakter kedemokratisan “memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang dalam menyusun laporan hasil pengukuran panjang dan massa.
Tuliskan :        skor 1, apabila dilakukan
                        skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
                        BT  = belum terlihat
                        MT = mulai terlihat
                        MK = mulai berkembang
                        MB = mulai membudaya
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
Karakter yang dikembangkan *)
1
Menyampaikan hasil pengukuran yang diperoleh dengan jujur



2
Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka



3
Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain



4
Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional



5
Menyimpulkan hasil diskusi



Jumlah skor




Kriteria penskoran
Dilakukan                   Skor 1
Tidak dilakukan         Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100





LP 1.3: lembar observasi (1)
Lembar observasi untuk menilai karakter kedemokratisan “memberi kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya dan karakter lain yang berkembang pada kegiatan presentasi hasil kerja kelompok.
Tuliskan :        skor 1, apabila dilakukan
                        skor 0, apabila tidak dilakukan
Pada kolom karakter:
                        BT  = belum terlihat
                        MT = mulai terlihat
                        MK = mulai berkembang
                        MB = mulai membudaya
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
Karakter yang dikembangkan *)
1
Menyampaikan hasil pengukuran dengan bahasa yang lugas



2
Menyampaikan laporan sesuai dengan prosedur kegiatan yang dilakukan dengan jujur



3
Menyampaikan laporan dengan percaya diri



4
Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka



5
Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain



6
Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional



7
Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat



Jumlah skor




Kriteria penskoran
Dilakukan                   Skor 1
Tidak dilakukan         Skor 0
Kriteria penilaian
Nilai =  x 100 =  x 100



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP............................
Mata Pelajaran
:
IPA-Fisika
Kelas / Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit

A.   Standar Kompetensi
3.    Memahami wujud zat dan perubahannya

B.   Kompetensi Dasar
3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

C.   Tujuan Pembelajaran   :
1.   Setelah melakukan percobaan peserta didik dapat mengukur massa jenis suatu zat sesuai prosedur ilmiah yang digunakan
2.   Setelah melakukan percobaan peserta didik dapat menyusun laporan  bahwa massa jenis merupakan ciri khas suatu zat secara cepat dan tepat berdasarkan hasil analisis yang dilakukan
3.    Setelah diberikan contoh, peserta didik dapat menghitung massa jenis suatu zat
    
D.  Materi Ajar         
Massa Jenis
·        Massa jenis zat adalah ciri khusus dari zat tersebut,
·        Dapat di rumuskan   ρ =m/v

E.   Model Pembelajaran    
1.      Model Pembelajaran Langsung
2.      Model Pembelajaran Kooperatif

F.   Kegiatan pembelajaran
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.       Motivasi
Guru mendemonstrasikan dua benda dengan ukuran sama terbuat dari bahan berbeda yang diberi warna dan dicelupkan ke dalam air, ( satu terapung satu tenggelam) kemudian siswa diminta mengomentari kejadian tersebut.
b.      Prasarat Pengetahuan
Peserta didik  sudah dapat mengukur volume dan massa benda

2.      Kegiatan Inti (65 menit)
·      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·      Guru memodelkan pengukuran massa jenis  tahap-demi tahap  siswa mengamati sesuai prosedur ilmiah yang digunakan
·      Guru meminta salah satu siswa untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberikan umpan balik.
·      Setiap kelompok diminta melakukan pengukuran massa jenis untuk benda-benda lain yang berbeda secara cepat dan tepat berdasarkan analisis yangdilaqkukaqn
·      Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada peserta didik/kelompok yang belum dapat melakukan dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
·      Peserta didik berdiskusi untuk membuat kesimpulan dengan menghargai pendapat orang lain
·      Perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan hasilnya.
·      Masing masing kelompok diminta untuk mengerjakan tugas pada LKS massa jenis

3.        Kegiatan Penutup (5 menit)
·      Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
·      Membimbing siswa merangkum pelajaran
·      Guru melakukan refleksi
G.   Sumber Belajar
a.         Buku Siswa (BSE) IPA kelas VII
b.        LKS massa jenis
c.         KIT IPA

H.  Penilaian
a.       Tes tertulis
b.      Tes Unjuk kerja

Kisi-kisi dan Instrumen sebagai berikut

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen

1.    Mengukur massa jenis suatu zat sesuai prosedur ilmiah yang digunakani

2.    Menyusun laporan  bahwa massa jenis adalah ciri khas
suatu zat secara cepat dan tepat berdasarkan hasil analisis yang dilakukan

3.    Menjelaskan bahwa massa jenis zat merupakan ciri khas suatu zat

4.    Menghitung massa jenis suatu zat



Unjuk Kerja


Unjuk Kerja



Tes Tulis



Tertulis





Lembar Tes Unjuk keraja

Lembar tes Unjuk kerja


Uraian



Uraian




LP 3.2 (1)


LP 3.2. (2)



LP. 3.2 (3)



LP. 3.2  (4)







Instrumen Penilaian

LP. 3.2. (1) Lembar Tes Unjuk Kerja.

Lakukan Percobaan untuk mengukur massa jenis zat yang telah disediakan!
Gunakan Rubrik penilaian berikut!

No.
Kinerja
Dilakukan
Ya
Tidak
1.
Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan


2.
Menggunakan alat dan bahan yang tepat untuk mendapat data.


3.
Melakukan percobaan sesuai langkah-langkah dalam prosedur ilmiah yang digunakan
*)

4.
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan alat dan bahan untuk memperoleh data yang akurat.


5.
Peralatan dan bahan dikembalikan pada tempat semula dan daerah praktikum dibersihkan.



TOTAL




LP. 3.2 (2)
Lembar Penilaian  : Membuat Laporan
Aktivitas
Skor
Skor
Maksimum
Skor yang diperoleh
Siswa
Guru
1.
Laporan mencantumkan pendahuluan, tujuan, alat dan bahan, prosedur, hasil pengamatan , hasil diskusi, kesimpulan.
*)


2.
Data ditampilkan bervariasi.
10


3.
Laporan disusun urut sesuai sistematika.
10


4.
Mencantumkan daftar pustaka yang digunakan. (jujur)
10


5.
Bahasa yang digunakan baik dan benar
10


6.
Tampilan laporan rapi.
10



Total 
60




*) diisi :
BT       : Belum Terlihat
MT       : Mulai Terlihat
MB      : Mulai Mmbudaya
MK      : Mulai Berkembang







LP. 3.2 (3)
Tes Tertulis;
Jelaskan bahwa massa jenis merupakan ciri khas suatu zat!

LP.3.2 (4)
Perhatikan gambar di bawah ini !












Apabila massa  benda dalam gelas ukur tersebut adalah 240 gram, hitunglah berapa massa jenis benda tersebut !



                                                                                    .................................................., ........................

Mengetahui                                                                Guru Mata Pelajaran,
Kepala SMP ...................................................









............................................................................               .......................................................................
NIP.                                                                             NIP. ...........................................................


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
IPA-Fisika
Kelas / Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
4  x 40 menit

A.   Standar kompetensi
3. Memahami wujud zat dan perubahannya

B.   Kompetensi Dasar
3.1. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

C.   Tujuan Pembelajaran   :
Pertemuan 1
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
1.      Mengamati  berbagai  wujud zat dengan seksama dan teliti
2.      Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair dan gas dengan yakin dan benar
3.      Membuat peta konsep tentang bentuk dan wujud zat
4.      Menjelaskan teori partikel zat dengan yakin dan benar

Pertemuan 2
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
5.      Mendemonstrasikan peristiwa adhesi dan kohesi dengan cepat dan tepat
6.      Menjelaskan peristiwa meniskus pada permukaan zat cair
7.      Melakukan percobaan tentang perubahan wujud zat didasrkan secara cermat
8.     Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan perubahan wujud zat dengan yakin dan benar

D.  Materi Ajar         
a.       Wujud Zat
b.      Perubahan Wujud

E.   Model Pembelajaran    
1.      Model Pembelajaran Langsung
2.      Model Pembelajaran Kooperatif

F.   Kegiatan pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  1. Mengingatkan siswa tentang massa sebagai prasyarat pengetahuan
  2. Memotivasi siswa dengan cara menyemprotkan parfum dari depan kemudian menanyakan kepada siswa yang di belakang, mengapa Anda mencium bau menyak wangi tersebut.
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 secara singkat

Kegiatan Inti (65 menit)
  1. Memberikan informasi tentang kegiatan percobaan wujud zat dan memodelkan langkah-langkah melakukannya secara sederhana
  2. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif, kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Wujud zat dan meminta siswa untuk bekerja dengan cepat dan tepat sesuai dengan LKS
  3. Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan kegiatan sampai pada kesimpulan
  4. Secara bergantian, kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain dengan saling menghargai pendapat orang lain
  5. Guru memodelkan cara membuat peta konsep tentang wujud zat
  6. Setiap kelompok diminta untuk melengkapi peta konsep
  7. Meminta kelompok untuk membaca buku tentang susunan partikel zat dan membuat kesimpulan dengan cara menghargai pendapat sesama
  8. Guru memnadu diskusi kelas tentang susunan partikel zat
  9. Memberikan penghargaan pada kelompok-oelompok yang kinerjanya bagus.
  10. Mengkonfirmasi tentang wujud zat dan susunan partikel zat
           
Penutup (5 menit)
1.    Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.    Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan.
3.    Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal  tentang wujud zat

Pertemuan ke 2
1.      Pendahuluan (5 menit)
a.       Prasat Pengetahuan
Guru menanyakan kepada siswa sifat-sifat zat cair.
b.      Motivasi
Meminta salah satu siswa untuk maju ke depan, untuk mencelupkan kertas tisu ke dalam air yang berwarna, kemudian diamati dan menanyakan kepada siswa apa yang terjadi? Mengapa demikian
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
2.    Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah tabung reaksi, air, minyak goreng, tiga pipa kapiler (diameternya berbeda) dan gelas kimia.
3.    Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen untuk mengamati meniskus pada permukaan zat cair secara teliti dan cermat.
4.    Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh peserta didik apakah sudah dila-kukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
5.    Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja berdasarkan efek kapilaritas
6.    Masih dalam kelompok siswa diminta melakukan percobaan sesuai dengan LKS perubahan wujud, guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan denga cermat dan teliti.
7.    Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya dengan saling menghargai pendapat orang lain untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan dan mempresentasikannya secara klasikal.
8.    Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan ikonfirmasi yang sebenarnya.
3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
9.         Guru memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
10.    Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
11.    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

G.   Sumber Belajar
a.         Buku Siswa (BSE) IPA kelas VII
b.        LKS wujud zat
c.         KIT IPA

H.  Penilaian
a.       Tes tertulis
b.      Tes Unjuk kerja

Kisi-kisi dan Instrumen sebagai berikut

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen

1.    Mengamati berbagai wujud zat dengan cepat dan tepat

2.   Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair dan gas dengan yakin dan benar

3.    Membuat peta konsep tentang bentuk dan wujud zat

4.    Menjelaskan perbedaan partikel zat padat dan cair

5.    Melakukan percobaan peristiwa adhesi dan kohesi

6.    Menjelaskan peristiwa meniskus pada permukaan zat cair

7.   Melakukan percobaan tentang perubahan wujud zat cermat dan teliti

8.    Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan perubahan wujud zat dengan yakin dan benar


Observasi


Tertulis



Tertulis


Tertulis


Unjuk Kerja


Tes Tulis


Tes Unjuk Kerja


Tes Tulis


Lembar Tes Unjuk kerja

Uraian



Uraian


Uraian


Lembar tes Unjuk Kerja


Uraian


Lembar tes Unjuk Kerja


Uraian

LP 3.1 (1)


LP 3.1. (2)



LP. 3.1 (3)


LP. 3.1  (4)


LP. 3.1  (5)



LP. 3.1  (6)


LP. 3.1  (7)



LP. 3.1  (8)



1.   LP 3.1 (1)
Mengamati berbagai wujud zat

Aktivitas
Dilakukan
ya
tidak
1.
Melaporkan data kualitatif berdasarkan fakta. (kejujuran)


2.
Pengamatan dilakukan secara aman dengan menggunakan alat indera selengkap mungkin. (keingin tahuan)


3.
Menggunakan alat dan bahan yang sesuai untuk melakukan pengamatan dengan rasa tanggung jawab.


4.
Mengorganisasikan data dalam tabel.


5.
Menghindari pendapat pribadi, kesimpulan atau inferensi selama melakukan pengamatan.



Total 



2.    LP 3.1. (2)
Sebutkan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas!

3.    LP 3.1 (3)
Lenkapilah peta konsep berikut
 






























4.    LP 3.1 (4)
Jelaskan perbedaan susunan partikel zat padat dan cair!

5.    LP. 3.1. (5) Lembar Tes Unjuk Kerja.

No
Aktivitas
Dilakukan
Ya
Tidak
1.
Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan


2.
Menggunakan alat dan bahan yang tepat sesuai tujuan percobaan


3.
Melakukan percobaan sesuai langkah-langkah dalam prosedur (kecermatan dan ketelitian)


4.
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan alat dan bahan untuk memperoleh data yang akurat.


5.
Peralatan dan bahan dikembalikan pada tempat semula



TOTAL



6.        LP. 3.1 (6)
Perhatikan gambar zat cair dalam tabung berikut ini









Jelaskan mengapa kedua permukaan zat cair tidak sama (anggap pipa kapiler)!

7.        LP. 3.1 (7)

No.
Kinerja
Dilakukan
Tidak
Ya
1.
Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan


2.
Menggunakan alat dan bahan yang tepat sesuai tujuan percobaan


3.
Melakukan percobaan sesuai langkah-langkah dalam prosedur (kecermatan dan ketelitan)


4.
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan alat dan bahan untuk memperoleh data yang akurat.


5.
Peralatan dan bahan dikembalikan pada tempat semula dan daerah praktikum dibersihkan.



TOTAL



8.        LP. 3.1 (8)

Berikan 2 contoh penerapan kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari!
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP....
Mata pelajaran
:
IPA -Fisika
Kelas / Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
4  x 40 menit

A.   Standar Kompetensi     
3. Memahami wujud zat dan perubahannya

B.   Kompetensi Dasar        
3.3Melakukan Percobaan yang berkaitan dengan  pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

C.   Tujuan Pembelajaran  
Pertemuan 1
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
1.     Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian zat padat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
2.     Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian gas dengan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
3.     Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian zat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan


Pertemuan2
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik dapat
4.      Menghitung besanya pertambahan panjang dari zat yang memuai akibat pertambahan suhu
5.      Memberikan salah satu contoh produk teknologi yang memanfaatkan prinsip pemuaian zat secara yakin dan benar
    
D.  Materi Ajar         
Pemuaian zat :
·        padat,
·        cair,
·         gas

E.   Model Pembelajaran    
1.      Model Pembelajaran Kooperatif
2.      Model Pembelajaran Langsung

F.   Kegiatan pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  1. Mengingatkan siswa tentang besaran pokok dan besaran turunan dan pengukurannya
  2. Memotivasi siswa dengan cara menanyakan kepada siswa, mengapa pemasangan kaca jendela rumah dibuat renggang?
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 secara singkat

Kegiatan Inti (65 menit)
  1. Memberikan informasi tentang kegiatan percobaan pemuaian dan memodelkan langkah-langkah melakukannya secara sederhana.
  2. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif, kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS pemuaian  zat dan meminta siswa untuk percobaan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan
  3. Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk berdiskusi  sampai pada kesimpulan
  4. Secara bergantian, kelompok mengemukakan hasil kerjanya   dan ditanggapi oleh kelompok lain dengan saling menghargai pendapat orang lain
  5. Guru memnandu diskusi kelas dan nemberikan penghargaan pada kelompok-kelompok yang kinerjanya bagus.
  6. Mengkonfirmasi tentang materi yang dibahas.
           
Penutup (5 menit)
  1. Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran
8.    Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan.
9.    Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal  tentang pemuaian

Pertemuan ke 2
1.      Pendahuluan (5 menit)
a.       Prasat Pengetahuan
Guru menanyakan kepada siswa faktor apa saja yang mempengaruhi pesarnya pemuaian suatu zat
b.      Motivasi
Samakah pertambahan panjang setiap  zat untuk ukuran sama jika perubahan suhunya sama? Mengapa?
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (70 menit)
1.    Masih dalam kelompok yang sama, guru meminta peserta didik untuk membaca buku IPA BSE untuk menemukan hubungan antara pertamabahan panjang, panjang mula-mula, koefisien muai panjang dan pertambahan suhu.
2.    Memodelkan penggunaan matematis secara sederhana untuk menghitung besarnya pertambahan panjang zat setelah memuai.
3.    Peserta didik berlatih menentukan besaran-besaran yang berhubungan dengan pemuaian
4.    Guru membimbing masing-masing kelompok dalam berdiskusi penerapan  pemuaian dari produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
5.    Perwakilan masing-masing menyampaikan hasil diskusi dengan menghargai pendapat orang lain
6.    Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan konfirmasi yang sebenarnya.

3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
7.    Guru memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
8.    Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
9.    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal pemuaian

G.   Sumber Belajar
a.         Buku Siswa (BSE) IPA kelas VII
b.        LKS Pemuaian
c.         KIT IPA

H.  Penilaian
a.       Tes tertulis
b.      Tes Unjuk kerja

Kisi-kisi dan Instrumen sebagai berikut

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen

1.    Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian zat padat  sesuai prosedur yang ditetapkan

2.    Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian gas sesuai prosedur yang ditetapkan

3.    Mendemonstrasikan peristiwa pemuaian zat gas sesuai prosedur yang ditetapkan

4.   Menghitung besanya pertambahan panjang dari zat yang memuai akibat pertambahan suhu dengan yakin dan benar

5.   Memberikan salah satu contoh produk teknologi yang memanfaatkan prinsip pemuaian zat dengan yakin dan benar



Observasi





Observasi




Observasi




Tes
Tertulis




Tes Tertulis







Lembar observasi




Lembar Observasi


Lembar Observasi



Uraian





Uraian




LP 3.1 (1)





LP 3.1. (2)



LP. 3.1 (3)




LP. 3.1  (4)


LP. 3.1  (5)


LP. 3.1  (6)










Instrumen Penilaian

 Lampiran  LP 3.3  (1), (2), (3).

No
Kinerja
Dilakukan
Ya
Tidak
1
Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan


2.
Menggunakan alat dan bahan yang tepat sesuai tujuan percobaan


3.
Melakukan percobaan sesuai langkah-langkah dalam prosedur yang ditetapkan
*)

4.
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan alat dan bahan untuk memperoleh informasi  yang akurat secara seksama dan teliti
*)

5.
Peralatan dan bahan dikembalikan pada tempat semula dan daerah praktikum dibersihkan.




TOTAL




LP. 3.3  (4) :  ( tes Uraian)
Besi panjang panjang 1 meter dipanaskan dari 20oC menjadi 120 oC. Jika koefisien muai panjang besi 0,000012/oC, berapakah pertambahan panjang

LP. 3.3 (5) : Uraian
Sebutkan salah satu peralatan rumah tangga/produk teknologi yang memanfaatkan prinsip pemuaian dan jelaskan cara kerjanya!

*) diisi dengan
BT  : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Membudaya
MK : Mulai Berkembang






























































































































































































 











































Contoh Instrumen: Instrumen secara lengkap dapat dilihat pada RPP
LP 1.1 (Uraian):
Apa yang dimaksud dengan besaran fisis,  dan berikan contoh  besaran fisis dan satuannya.
LP 1.2 (Uji Petik Kerja)
Lembar tes uji petik kerja ini untuk menilai karakter kecerdasan dan kejujuran peserta didik yang dilatihkan.
Berilah tanda √ pada kolom sesuai hasil pengamatan Anda.

No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Menggunakan termometer secara hati-hati


2
Membaca termometer secara tepat/benar


3
Mencatat data sesuai hasil pengukuran



LP 1.3: uraian (1) dan (2)
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Jelaskan langkah-langkah mengukur panjang suatu benda dengan menggunakan jangka sorong!
  2. Jelaskan perbedaan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan meteran/penggaris dan jangka sorong!

Berilah tanda √ pada kolom sesuai hasil pengamatan Anda.
LP 1.3: uji petik kerja (1)
Lembar tes unjuk kerja untuk menilai kinerja peserta didik “membaca hasil pengukuran panjang dengan menggunakan jangka sorong.
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Menentukan posisi awal dan posisi akhir pada meteran sesuai benda yang akan diukur


2
Melakukan pembacaan skala dengan posisi mata tegak lurus dengan angka sesuai dengan panjang benda yang diukur


3
Membaca nilai panjang dengan satuan yang benar secara teliti dan cermat


4
Menentukan kesalahan pengukuran


LP 1.3: lembar observasi (1)
Lembar observasi dalam diskusi kelompok untuk menilai “sikap menghargai pendapat orang lain” dalam menyusun laporan hasil pengukuran panjang.
Berilah tanda √ pada kolom sesuai hasil pengamatan Anda.
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Menyampaikan hasil pengukuran yang diperoleh dengan jujur


2
Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka


3
Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain


4
Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional


5
Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat



LP 1.3: uji petik kerja (3)
Lembar Kinerja intuk menilai presentasi hasil kerja kelompok menyampaikan laporan secara jujur, percaya diri dan menghargai pendapat orang lain
Berilah tanda √ pada kolom sesuai hasil pengamatan Anda.
No
Aspek yang dinilai
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Menyampaikan hasil pengukuran dengan bahasa yang lugas


2
Menyampaikan laporan sesuai dengan prosedur kegiatan yang dilakukan dengan jujur


3
Menyampaikan laporan dengan percaya diri


4
Menerima saran dan masukan dengan sikap terbuka


5
Mengakomodasi saran dan masukan dengan menghargai pendapat orang lain


6
Mampu menjawab pertanyaan dengan rasional


7
Menyimpulkan hasil diskusi untuk menentukan tujuan akhir kegiatan dengan tepat